Sabtu, 16 November 2013
CONTOH SOAL DAN MATERI UK
1. Indikator yang digunakan untuk menilai produk yang dihasilkan oleh siswa di antaranya adalah ...
Jawaban A
kerapihan, kesesuaian ukuran, kemenarikan bentuk
Jawaban B
pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam membuat produk
Jawaban C
kesesuaian produk dengan kontribusi guru
Jawaban D
kesesuaian kemampuan siswa dengan produk yang dihasilkan
Jawaban E
Semua jawaban benar
2. Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list adalah ...
Jawaban A
penilaiannya mutlak
Jawaban B
subjek yang dinilai lebih terbatas
Jawaban C
pedoman penilaian lengkap
Jawaban D
lebih praktis
Jawaban E
Semua jawaban benar
3. Portofolio sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali :
Jawaban A
Selama pembelajaran berlangsung
Jawaban B
Ketika akan dimulai pembelajaran
Jawaban C
pada saat psnkoran
Jawaban D
Jawaban benar semua
Jawaban E
Jawaban salah semua
4. Sebelum pelkasanaan tindakan, guru harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali .....
Jawaban A
daftar hadir siswa
Jawaban B
skenario tindakan
Jawaban C
sarana dan fasilitas pendukung
Jawaban D
cara analisis data
Jawaban E
Semua jawaban benar
5. Kegiatan di bawah ini yang memanfaatkan proses perubahan wujud benda cair menjadi gas adalah peristiwa …
Jawaban A
Penyulingan minyak
Jawaban B
Pembuatan es krim
Jawaban C
Pembuatan mainan dari bahan plastik
Jawaban D
Pembuatan garam dengan sinar matahari
Jawaban E
Pembuatan minyak wangi
6. Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
Jawaban A
organ, saraf, dan otak
Jawaban B
otot, badan, dan otak
Jawaban C
otot, saraf, dan otak
Jawaban D
otot, saraf, dan pikiran
Jawaban E
otak, mainan edukatif
7. Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ....
Jawaban A
Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi
Jawaban B
Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
Jawaban C
Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu
Jawaban D
Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
Jawaban E
Tidak ada jawaban benar
8. Mereka merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan baru adalah . . . .
Jawaban A
Late Majority
Jawaban B
Late Adopters
Jawaban C
Early Majority
Jawaban D
Early Adopters
Jawaban E
Ada 2 jawaban benar
9. Tahap komunikasi untuk penyandaran terhadap masyarakat yang diharapkan dapat mengadopsi inovasi yang ditawarkan merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
Jawaban A
Design
Jawaban B
Evaluation
Jawaban C
Trial
Jawaban D
Wareness Interest
Jawaban E
Wareness Trial
10. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
Jawaban A
Tujuan yang ingin dicapai
Jawaban B
Prosedur yang digunakan
Jawaban C
Kondisi normatif
Jawaban D
Struktur sosial
Jawaban E
Semua jawaban benar
1
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD
Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Mental, yaitu…________________
A. Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman. Hal ini berguna untuk melakukan berbagai gerakan motorik kasar (jasmani) seperti memanjat, berlari dan menaiki tangga.
B. Anak dapat menunjukkan kreativitasnya dalam membentuk sesatu karya tertentu
C. Anak mulai tidak suka terikat dengan orang dewasa
D. Anak menunjukkan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman
2
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD
Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Psikomotorik, yaitu…________________
A. Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi
B. Anak dapat menciptakan sesiatu bentuk/benda dengan menggunakan alat
C. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda
D. Anak menunjukkan kepedulian terhadap orang lain
3
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD
Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Emosionalitas, yaitu…________________
A. Anak menunjukkan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama kelompok teman sebayanya
B. Anak dapat memperlihatkan insiatif dan alternative untuk memecahkan masalah-masalah tertentu
C. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda
D. Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu
4
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD
Memiliki kemampuan dalam melakukan koordinasi dan keseimbangan badan. Misalnya ketika berjalan atau berlari dengan berbagai pola adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi …________________
A. Mental
B. Psikomotorik
C. Sosial
D. Emosional
5
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD
Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu
adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi …________________
A. Mental
B. Psikomotorik
C. Sosial
D. Emosional
6
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD
Anak dapat menunjukkan sikap marah dalam kondisi yang wajar
adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi …________________
A. Mental
B. Psikomotorik
C. Kognitif
D. Emosional
7
KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD
Faktor kendala yang mempengaruhi keterampilan berbahasa anak adalah sebagai berikut, kecuali…________________
A. Jenis Kelamin
B. Keluarga
C. Keinginan dan Dorongan Komunikasi
D. Kebiasaan
8
KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah
tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal biasanya menggunakan metode membaca________________
A. Ejaan per ejaan
B. Skimming
C. Permulaan
D. Cepat
9
KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah
Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan, kecuali …________________
A. metode kupas rangkai suku kata
B. metode kata lembaga
C. metode SAS
D. metode eja
10
KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah
Berikut diberikan studi kasus :
Mula-mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata-kata yang mendukungnya. Dari kata-kata itu kita ceraikan atas suku-suku katanya dan akhirnya atas huruf-hurufnya. Kemidian huruf-huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat.
Berdasarkan studi kasus , metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah …________________
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
11
KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah
Kelebihan membaca permulaan adalah sebagai berikut …________________
A. Mempunyai nilai strategis bagi pengembangan kepribadian dan kemampuan siswa.
B. Meningkatkan nilai siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia
C. Meningkatkan kemandirian siswa dalam membaca
D. Mempermudah menghafal kata-kata
12
KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah
Metode yang merupakan penyempurnaan metode alphabet dengan mengajarkan bunyi-bunyi bahasa sebagai pengganti huruf-huruf berdasarkan ucapan hurufnya adalah metode membaca permulaan …________________
A. Metode Suku Kata
B. Metode Kata-kata
C. Metode Cerita
D. Metode Suara
13
KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi
Pendekatan menekankan keterpaduan empat aspek keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) dalam pembelajaran adalah salah satu Pendekatan yang disarankan dalam pembelajaran menulis yang disebut …________________
A. pendekatan komunikatif
B. Pendekatan integratif
C. Pendekatan keterampilan proses
D. Pendekatan tematis
14
KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi
Teknik menulis cerita terdiri atas hal-hal sebagai berikut, kecuali …________________
A. menjawab pertanyaan
B. membuat kalimat
C. subtitusi
D. persuasi
15
KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi
Model pembelajaran menulis cerita/cerpen di SD meliputi hal-hal berikut, kecuali …________________
A. Menceritakan gambar
B. Melanjutkan cerita
C. Menceritakan pengalaman
D. Mendeskripsikan cerita
16
KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi
Teknik menulis cerita terdiri atas hal-hal sebagai berikut, kecuali …________________
A. menjawab pertanyaan
B. membuat kalimat
C. subtitusi
D. persuasi
17
KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan
1). Menulis huruf lepas.
2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata.
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata.
4). Menyusun kata menjadi kalimat. (Djauzak, 1996:4)
Tahapan diatas adalah Teknik Menulis Permulaan dengan metode …________________
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
18
KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan
1). Mengenalkan kata
2). Merangkaikan kata antar suku kata
3). Menguraikan suku kata atas huruf-hurufnya
4). Menggabungkan huruf menjadi kata (Djauzak, 1996:5)
Tahapan diatas adalah Teknik Menulis Permulaan dengan metode …________________
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
19
KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan
Metode dengan memulai pengajaran membaca dan menulis permulaan dengan membaca kalimat secara utuh yang ada di bawah gambar. Menguraikan kalimat dengan kata-kata, menguraikan kata-kata menjadi suku kata disebut dengan metode …________________
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
20
KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan
Suatu pembelajaran menulis permulaan yang didasarkan atas pendekatan cerita yakni cara memulai mengajar menulis dengan menampil cerita yang diambil dari dialog siswa dan guru atau siswa dengan siswa disebut dengan metode________________
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
21
KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan
menulis kartu huruf, kartu suku kata, kartu kata dan kartu kalimat, sementara sebagian siswa mencari huruf, suku kata dan kata, guru dan sebagian siswa menempel kata-kata yang tersusun sehingga menjadi kalimat yang berarti adalah contoh metode …________________
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
22
KD 1.2.2 Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi
Berikut adalah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi, kecuali…________________
A. menulis tentang berbagai topik
B. menulis pengumuman
C. menulis pantun
D. menulis memo
23
KD 1.2.3 Perencanaan dan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Perencanaan Pengajaran meliputi hal-hal berikut, kecuali…________________
A. tujuan apa yang hendak dicapai
B. memilih bahan ajar
C. proses belajar mengajar
D. alat penilaian
24
KD 1.2.3 Perencanaan dan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
karakteristik perencanaan pengajaran yang baik hendaknya mengandung prinsip sebagai berikut…________________
A. Memiliki sikap objektif rasio (tepat dan masuk akal), komprehensif dan sistematis (menyeluruh dan tersusun rapi).
B. Merupakan suatu wahana atau wadah untuk mengembangkan segala potensi yang ada dan dimiliki oleh anak didik.
C. Mengendalikan kekuatan sendiri, bukan didasarkan atas kekuatan orang lain.
D. Melakukan studi kasus yang berkesinambungan.
25
KD 1.2.3 Perencanaan dan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
tahap mengumpulkan informasi tentang keadaan objek evaluasi (siswa) dengan menggunakan teknik tes atau nontes disebut tahapan …________________
A. Tahap Tindak Lanjut
B. Tahap Persiapan
C. Tahap Pelaksanaan
D. Tahap Pengolahan Hasil
1. Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
Jawaban A
ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
Jawaban B
beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
Jawaban C
beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
Jawaban D
ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
Jawaban E
Ada 2 jawaban benar
2. Indikator yang digunakan untuk menilai produk yang dihasilkan oleh siswa di antaranya adalah ...
Jawaban A
kerapihan, kesesuaian ukuran, kemenarikan bentuk
Jawaban B
pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam membuat produk
Jawaban C
kesesuaian produk dengan kontribusi guru
Jawaban D
kesesuaian kemampuan siswa dengan produk yang dihasilkan
Jawaban E
Semua jawaban benar
3. Fokus asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:
Jawaban A
Kemampuan berkomunikasi
Jawaban B
Kemampuan memecahkan masalah
Jawaban C
Pengembangan sikap
Jawaban D
Penekanan pada generalisasi.
Jawaban E
Semua jawaban salah
4. Kelebihan soal obyektif antara lain ...
Jawaban A
materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
Jawaban B
menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
Jawaban C
scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
Jawaban D
materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
Jawaban E
Ada 2 jawaban benar
5. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
Jawaban A
menjelaskan partisipan
Jawaban B
menulis masalah yang sudah pernah dibahas
Jawaban C
memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
Jawaban D
6. Suatu proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun tentang siswa baik yang menyangkut kurikulumnya, program pembelajarannya, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan
sekolah. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan pengertian dari :
Jawaban A
Asesmen
Jawaban B
Evaluasi
Jawaban C
Pengukuran
Jawaban D
Tes
Jawaban E
Semua jawaban salah
7. Permainan sepak bola dari mana asalnya sampai sekarang belum jelas, tetapi pertama kali yang mengembangkan sepak bola adalah negara ….
Jawaban A
Belanda
Jawaban B
Jerman
Jawaban C
Inggris
Jawaban D
Belgia
Jawaban E
Mesir
8. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
Jawaban A
Addition
Jawaban B
Restructuring
Jawaban C
Alternation
Jawaban D
Substitution
Jawaban E
Tidak ada jawaban
9. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
Jawaban A
Helen Parkhust
Jawaban B
Kak Seto
Jawaban C
John Dewey
Jawaban D
Montessori
Jawaban E
Ki Hajar Dewantara
10. Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.
Jawaban A
memiliki unsur keterbaruan
Jawaban B
dapat memecahkan suatu masalah
Jawaban C
memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah
Jawaban D
tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi
Jawaban E
Ada 2 jawaban benar
1. Pada operasi pengurangan bilangan-bilangan bulat tidak berlaku sifat - sifat berikut, kecuali....
Jawaban A
komutatif
Jawaban B
asosiatif
Jawaban C
tertutup
Jawaban D
ada unsur inversinya
2. Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
Jawaban A
41,5
Jawaban B
54,15
Jawaban C
56,6
Jawaban D
79,25
Jawaban E
64,25
3. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
Jawaban A
Linier
Jawaban B
Kontradiktif
Jawaban C
Konvergen
Jawaban D
Collective
4. Anto memiliki tali sepanjang 15 meter, kemudian dipotong 50 dm untuk tali jemuran dan 700 cm untuk tali bendera. Sisa tali yang dimiliki Anto adalah ….
Jawaban A
300
Jawaban B
930
Jawaban C
1.380
Jawaban D
1.700
Jawaban E
1.150
5. Lampu A menyala setiap 4 menit kemudian padam, lampu B menyala setiap 6 menit kemudian
padam dan lampu C menyala setiap 10 menit kemudian padam. Jika pada awalnya ketiga lampu tersebut menyala bersamasama, maka pada menit keberapa ketiga lampu tersebut akan menyala bersama-sama lagi ….
Jawaban A
36
Jawaban B
40
Jawaban C
48
Jawaban D
60
Jawaban E
120
6. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
Jawaban A
Santosa S. Hamidjaja
Jawaban B
Mattew B. Milers
Jawaban C
Sumantri Mulyani
Jawaban D
Rabbin
7. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
Jawaban A
Tujuan yang ingin dicapai
Jawaban B
Prosedur yang digunakan
Jawaban C
Kondisi normatif
Jawaban D
Struktur sosial
8. Jarak kota Jogja ke kota semarang pada peta 8cm. Jika skala pada peta 1 : 1.500.000, maka Jarak kota Jogja ke kota semarang sebenarnya adalah ....
Jawaban A
120 KM
Jawaban B
100KM
Jawaban C
80KM
Jawaban D
150KM
Jawaban E
8KM
9. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
Jawaban A
Helen Parkhust
Jawaban B
Kak Seto
Jawaban C
John Dewey
Jawaban D
Montessori
Jawaban E
Ki Hajar Dewantara
10. Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.
Jawaban A
memiliki unsur keterbaruan
Jawaban B
dapat memecahkan suatu masalah
Jawaban C
memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah
Jawaban D
tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi
Jawaban E
Ada 2 jawaban benar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar