Ged a Widget

Sabtu, 16 November 2013

CONTOH SOAL DAN MATERI UK

1. Indikator yang digunakan untuk menilai produk yang dihasilkan oleh siswa di antaranya adalah ... Jawaban A kerapihan, kesesuaian ukuran, kemenarikan bentuk Jawaban B pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam membuat produk Jawaban C kesesuaian produk dengan kontribusi guru Jawaban D kesesuaian kemampuan siswa dengan produk yang dihasilkan Jawaban E Semua jawaban benar 2. Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list adalah ... Jawaban A penilaiannya mutlak Jawaban B subjek yang dinilai lebih terbatas Jawaban C pedoman penilaian lengkap Jawaban D lebih praktis Jawaban E Semua jawaban benar 3. Portofolio sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali : Jawaban A Selama pembelajaran berlangsung Jawaban B Ketika akan dimulai pembelajaran Jawaban C pada saat psnkoran Jawaban D Jawaban benar semua Jawaban E Jawaban salah semua 4. Sebelum pelkasanaan tindakan, guru harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali ..... Jawaban A daftar hadir siswa Jawaban B skenario tindakan Jawaban C sarana dan fasilitas pendukung Jawaban D cara analisis data Jawaban E Semua jawaban benar 5. Kegiatan di bawah ini yang memanfaatkan proses perubahan wujud benda cair menjadi gas adalah peristiwa … Jawaban A Penyulingan minyak Jawaban B Pembuatan es krim Jawaban C Pembuatan mainan dari bahan plastik Jawaban D Pembuatan garam dengan sinar matahari Jawaban E Pembuatan minyak wangi 6. Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah.... Jawaban A organ, saraf, dan otak Jawaban B otot, badan, dan otak Jawaban C otot, saraf, dan otak Jawaban D otot, saraf, dan pikiran Jawaban E otak, mainan edukatif 7. Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu .... Jawaban A Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi Jawaban B Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan Jawaban C Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu Jawaban D Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban Jawaban E Tidak ada jawaban benar 8. Mereka merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan baru adalah . . . . Jawaban A Late Majority Jawaban B Late Adopters Jawaban C Early Majority Jawaban D Early Adopters Jawaban E Ada 2 jawaban benar 9. Tahap komunikasi untuk penyandaran terhadap masyarakat yang diharapkan dapat mengadopsi inovasi yang ditawarkan merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . . Jawaban A Design Jawaban B Evaluation Jawaban C Trial Jawaban D Wareness Interest Jawaban E Wareness Trial 10. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . . Jawaban A Tujuan yang ingin dicapai Jawaban B Prosedur yang digunakan Jawaban C Kondisi normatif Jawaban D Struktur sosial Jawaban E Semua jawaban benar 1 KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Mental, yaitu…________________ A. Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman. Hal ini berguna untuk melakukan berbagai gerakan motorik kasar (jasmani) seperti memanjat, berlari dan menaiki tangga. B. Anak dapat menunjukkan kreativitasnya dalam membentuk sesatu karya tertentu C. Anak mulai tidak suka terikat dengan orang dewasa D. Anak menunjukkan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman 2 KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Psikomotorik, yaitu…________________ A. Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi B. Anak dapat menciptakan sesiatu bentuk/benda dengan menggunakan alat C. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda D. Anak menunjukkan kepedulian terhadap orang lain 3 KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Emosionalitas, yaitu…________________ A. Anak menunjukkan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama kelompok teman sebayanya B. Anak dapat memperlihatkan insiatif dan alternative untuk memecahkan masalah-masalah tertentu C. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda D. Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu 4 KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Memiliki kemampuan dalam melakukan koordinasi dan keseimbangan badan. Misalnya ketika berjalan atau berlari dengan berbagai pola adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi …________________ A. Mental B. Psikomotorik C. Sosial D. Emosional 5 KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi …________________ A. Mental B. Psikomotorik C. Sosial D. Emosional 6 KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Anak dapat menunjukkan sikap marah dalam kondisi yang wajar adalah karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD ditinjau dari segi …________________ A. Mental B. Psikomotorik C. Kognitif D. Emosional 7 KD 1.1 Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia SD Faktor kendala yang mempengaruhi keterampilan berbahasa anak adalah sebagai berikut, kecuali…________________ A. Jenis Kelamin B. Keluarga C. Keinginan dan Dorongan Komunikasi D. Kebiasaan 8 KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal biasanya menggunakan metode membaca________________ A. Ejaan per ejaan B. Skimming C. Permulaan D. Cepat 9 KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan, kecuali …________________ A. metode kupas rangkai suku kata B. metode kata lembaga C. metode SAS D. metode eja 10 KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah Berikut diberikan studi kasus : Mula-mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata-kata yang mendukungnya. Dari kata-kata itu kita ceraikan atas suku-suku katanya dan akhirnya atas huruf-hurufnya. Kemidian huruf-huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi kasus , metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah …________________ A. Metode Alfabet B. Metode Suku Kata C. Metode SAS D. Metode Cerita 11 KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah Kelebihan membaca permulaan adalah sebagai berikut …________________ A. Mempunyai nilai strategis bagi pengembangan kepribadian dan kemampuan siswa. B. Meningkatkan nilai siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia C. Meningkatkan kemandirian siswa dalam membaca D. Mempermudah menghafal kata-kata 12 KD 1.1.2 Aspek Membaca di kelas rendah Metode yang merupakan penyempurnaan metode alphabet dengan mengajarkan bunyi-bunyi bahasa sebagai pengganti huruf-huruf berdasarkan ucapan hurufnya adalah metode membaca permulaan …________________ A. Metode Suku Kata B. Metode Kata-kata C. Metode Cerita D. Metode Suara 13 KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi Pendekatan menekankan keterpaduan empat aspek keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) dalam pembelajaran adalah salah satu Pendekatan yang disarankan dalam pembelajaran menulis yang disebut …________________ A. pendekatan komunikatif B. Pendekatan integratif C. Pendekatan keterampilan proses D. Pendekatan tematis 14 KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi Teknik menulis cerita terdiri atas hal-hal sebagai berikut, kecuali …________________ A. menjawab pertanyaan B. membuat kalimat C. subtitusi D. persuasi 15 KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi Model pembelajaran menulis cerita/cerpen di SD meliputi hal-hal berikut, kecuali …________________ A. Menceritakan gambar B. Melanjutkan cerita C. Menceritakan pengalaman D. Mendeskripsikan cerita 16 KD 1.1.3 Aspek Menulis di kelas tinggi Teknik menulis cerita terdiri atas hal-hal sebagai berikut, kecuali …________________ A. menjawab pertanyaan B. membuat kalimat C. subtitusi D. persuasi 17 KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan 1). Menulis huruf lepas. 2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata. 3). Merangkaikan suku kata menjadi kata. 4). Menyusun kata menjadi kalimat. (Djauzak, 1996:4) Tahapan diatas adalah Teknik Menulis Permulaan dengan metode …________________ A. Metode Eja B. Metode Kata Lembaga C. Metode SAS D. Metode Global 18 KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan 1). Mengenalkan kata 2). Merangkaikan kata antar suku kata 3). Menguraikan suku kata atas huruf-hurufnya 4). Menggabungkan huruf menjadi kata (Djauzak, 1996:5) Tahapan diatas adalah Teknik Menulis Permulaan dengan metode …________________ A. Metode Eja B. Metode Kata Lembaga C. Metode SAS D. Metode Global 19 KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan Metode dengan memulai pengajaran membaca dan menulis permulaan dengan membaca kalimat secara utuh yang ada di bawah gambar. Menguraikan kalimat dengan kata-kata, menguraikan kata-kata menjadi suku kata disebut dengan metode …________________ A. Metode Eja B. Metode Kata Lembaga C. Metode SAS D. Metode Global 20 KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan Suatu pembelajaran menulis permulaan yang didasarkan atas pendekatan cerita yakni cara memulai mengajar menulis dengan menampil cerita yang diambil dari dialog siswa dan guru atau siswa dengan siswa disebut dengan metode________________ A. Metode Eja B. Metode Kata Lembaga C. Metode SAS D. Metode Global 21 KD 1.2.1 Memilih berbagai Metode Menulis Permulaan menulis kartu huruf, kartu suku kata, kartu kata dan kartu kalimat, sementara sebagian siswa mencari huruf, suku kata dan kata, guru dan sebagian siswa menempel kata-kata yang tersusun sehingga menjadi kalimat yang berarti adalah contoh metode …________________ A. Metode Eja B. Metode Kata Lembaga C. Metode SAS D. Metode Global 22 KD 1.2.2 Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi Berikut adalah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi, kecuali…________________ A. menulis tentang berbagai topik B. menulis pengumuman C. menulis pantun D. menulis memo 23 KD 1.2.3 Perencanaan dan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Perencanaan Pengajaran meliputi hal-hal berikut, kecuali…________________ A. tujuan apa yang hendak dicapai B. memilih bahan ajar C. proses belajar mengajar D. alat penilaian 24 KD 1.2.3 Perencanaan dan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia karakteristik perencanaan pengajaran yang baik hendaknya mengandung prinsip sebagai berikut…________________ A. Memiliki sikap objektif rasio (tepat dan masuk akal), komprehensif dan sistematis (menyeluruh dan tersusun rapi). B. Merupakan suatu wahana atau wadah untuk mengembangkan segala potensi yang ada dan dimiliki oleh anak didik. C. Mengendalikan kekuatan sendiri, bukan didasarkan atas kekuatan orang lain. D. Melakukan studi kasus yang berkesinambungan. 25 KD 1.2.3 Perencanaan dan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahap mengumpulkan informasi tentang keadaan objek evaluasi (siswa) dengan menggunakan teknik tes atau nontes disebut tahapan …________________ A. Tahap Tindak Lanjut B. Tahap Persiapan C. Tahap Pelaksanaan D. Tahap Pengolahan Hasil 1. Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh .... Jawaban A ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan Jawaban B beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya Jawaban C beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya Jawaban D ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana Jawaban E Ada 2 jawaban benar 2. Indikator yang digunakan untuk menilai produk yang dihasilkan oleh siswa di antaranya adalah ... Jawaban A kerapihan, kesesuaian ukuran, kemenarikan bentuk Jawaban B pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam membuat produk Jawaban C kesesuaian produk dengan kontribusi guru Jawaban D kesesuaian kemampuan siswa dengan produk yang dihasilkan Jawaban E Semua jawaban benar 3. Fokus asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah: Jawaban A Kemampuan berkomunikasi Jawaban B Kemampuan memecahkan masalah Jawaban C Pengembangan sikap Jawaban D Penekanan pada generalisasi. Jawaban E Semua jawaban salah 4. Kelebihan soal obyektif antara lain ... Jawaban A materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat Jawaban B menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang Jawaban C scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang Jawaban D materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang Jawaban E Ada 2 jawaban benar 5. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah Jawaban A menjelaskan partisipan Jawaban B menulis masalah yang sudah pernah dibahas Jawaban C memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel Jawaban D 6. Suatu proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun tentang siswa baik yang menyangkut kurikulumnya, program pembelajarannya, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan sekolah. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan pengertian dari : Jawaban A Asesmen Jawaban B Evaluasi Jawaban C Pengukuran Jawaban D Tes Jawaban E Semua jawaban salah 7. Permainan sepak bola dari mana asalnya sampai sekarang belum jelas, tetapi pertama kali yang mengembangkan sepak bola adalah negara …. Jawaban A Belanda Jawaban B Jerman Jawaban C Inggris Jawaban D Belgia Jawaban E Mesir 8. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . . Jawaban A Addition Jawaban B Restructuring Jawaban C Alternation Jawaban D Substitution Jawaban E Tidak ada jawaban 9. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari .... Jawaban A Helen Parkhust Jawaban B Kak Seto Jawaban C John Dewey Jawaban D Montessori Jawaban E Ki Hajar Dewantara 10. Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif. Jawaban A memiliki unsur keterbaruan Jawaban B dapat memecahkan suatu masalah Jawaban C memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah Jawaban D tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi Jawaban E Ada 2 jawaban benar 1. Pada operasi pengurangan bilangan-bilangan bulat tidak berlaku sifat - sifat berikut, kecuali.... Jawaban A komutatif Jawaban B asosiatif Jawaban C tertutup Jawaban D ada unsur inversinya 2. Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ... Jawaban A 41,5 Jawaban B 54,15 Jawaban C 56,6 Jawaban D 79,25 Jawaban E 64,25 3. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . . Jawaban A Linier Jawaban B Kontradiktif Jawaban C Konvergen Jawaban D Collective 4. Anto memiliki tali sepanjang 15 meter, kemudian dipotong 50 dm untuk tali jemuran dan 700 cm untuk tali bendera. Sisa tali yang dimiliki Anto adalah …. Jawaban A 300 Jawaban B 930 Jawaban C 1.380 Jawaban D 1.700 Jawaban E 1.150 5. Lampu A menyala setiap 4 menit kemudian padam, lampu B menyala setiap 6 menit kemudian padam dan lampu C menyala setiap 10 menit kemudian padam. Jika pada awalnya ketiga lampu tersebut menyala bersamasama, maka pada menit keberapa ketiga lampu tersebut akan menyala bersama-sama lagi …. Jawaban A 36 Jawaban B 40 Jawaban C 48 Jawaban D 60 Jawaban E 120 6. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . . Jawaban A Santosa S. Hamidjaja Jawaban B Mattew B. Milers Jawaban C Sumantri Mulyani Jawaban D Rabbin 7. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . . Jawaban A Tujuan yang ingin dicapai Jawaban B Prosedur yang digunakan Jawaban C Kondisi normatif Jawaban D Struktur sosial 8. Jarak kota Jogja ke kota semarang pada peta 8cm. Jika skala pada peta 1 : 1.500.000, maka Jarak kota Jogja ke kota semarang sebenarnya adalah .... Jawaban A 120 KM Jawaban B 100KM Jawaban C 80KM Jawaban D 150KM Jawaban E 8KM 9. Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari .... Jawaban A Helen Parkhust Jawaban B Kak Seto Jawaban C John Dewey Jawaban D Montessori Jawaban E Ki Hajar Dewantara 10. Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif. Jawaban A memiliki unsur keterbaruan Jawaban B dapat memecahkan suatu masalah Jawaban C memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah Jawaban D tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi Jawaban E Ada 2 jawaban benar

Tidak ada komentar: